Bandung Pembukaan, Bali-Makassar Final

penonton-seru-2besar

Akhir pekan ini merupakan weekend terberat liga basket pelajar terbesar di Indonesia, Honda DetEksi Basketball League (DBL) 2009. Hari ini, kompetisi di Jawa Barat dibuka di GOR C-tra Arena, Bandung. Besok (7/2), Denpasar dan Makassar sama-sama bakal dihebohkan dengan pertandingan final.

“Dari total 16 kota yang dijadwalkan, 11 di antaranya diselenggarakan antara Januari hingga Maret. Sisanya Juli dan Agustus mendatang. Supaya tidak bentrok dengan jadwal ujian dan lain-lain. Dari jadwal yang padat itu, akhir pekan ini memang yang paling berat. Tiga tim DBL Indonesia bekerja di tiga kota yang berbeda secara bersamaan,” jelas Azrul Ananda, commissioner DBL.

Honda DBL West Java 2009, yang hari ini dibuka di Bandung, merupakan salah satu seri paling penting bagi DBL. Selain memiliki jumlah peserta terbesar di luar Jawa Timur (hingga 70 tim mewakili 12 kota dan kabupaten di Jabar), juga diselenggarakan di kota yang sebelumnya sudah punya tradisi basket kuat.

“Cukup beban juga menyelenggarakan di sini. Meski antusiasme peserta hebat, tapi kami tetap harus membuktikan diri dulu,” kata Azrul. “Karena itu banyak tim inti DBL Indonesia kumpul di Bandung saat ini. Dibantu tim dari Radar Bandung, PJTV, dan para mantan pemain DBL dari Surabaya yang sekarang kuliah di Bandung,” lanjutnya.

Bila panitia merasa terbebani, para peserta merasa lebih yakin kompetisi pertama DBL di Bandung ini bakal heboh.

Wah, kita semua sudah nggak sabar. Dipanggil starting sama tampil di layar besar. Sampai merinding ngebayanginnya. Seumur-umur, kami belum pernah tampil di giant screen. Makanya kami promosi ke teman-teman supaya datang semua besok,” ujar Dwiky Sarahida, kapten SMAN 8 Bandung.

Hector Aguilera, athletic director Bandung International School, juga tak sabar. “Sejak mendengar tentang kompetisi ini November lalu, saya langsung bilang, ‘Kami harus ikut!’. Liga ini full of good spirit, fair value, dan professional. Kami merasa terhormat bisa tampil. Saya sudah tidak sabar untuk menyaksikan sendiri besok (hari ini, Red),” ucapnya.

Bahkan petugas pertandingan pun tak sabar. “Selama saya jadi pengawas di sini, belum pernah ada liga yang disiplinnya seperti ini. Saya sudah tidak sabar untuk membuktikan kedisiplinan liga ini sendiri besok (hari ini, Red),” ujar Aa Rusmin, pengawas pertandingan dari Pengprov Perbasi Jabar.

Honda DBL West Java 2009 ini dijadwalkan berlangsung hingga 21 Februari mendatang.

Sementara itu, di Makassar dan Denpasar, hari ini dilakukan geladi bersih untuk pertandingan final Sabtu besok (7/2). Final Honda DBL 2009 memang dikemas beda dengan hari-hari biasa. Para finalis harus latihan prosedur-prosedur masuk lapangan dan pemanggilan nama starting lineup yang berbeda.

“Saya senang sekali bisa lolos final DBL. Buat saya ini adalah sejarah. Soalnya baru pertama kali DBL diselenggarakan di Bali. Tidak ada kejuaraan seheboh ini. Tahun depan harus diadakan lagi,” kata Keiza Saudale, pemain SMAN 1 Denpasar.

Hari ini, SMAN 1 Denpasar memang meloloskan dua tim ke final. Tim putri menghadapi SMAN 1 Tabanan, tim putra melawan SMAN 2 Denpasar.

Dewa Gede Brata Pratama, pemain SMAN 2, turut bangga bisa tampil di final perdana di Bali ini. “Bagi saya ini even yang terbesar. Tumben ada yang seperti ini. Bisa menarik penonton yang tidak suka basket untuk mau datang menonton,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: