Belajar Main Basket dari: Mario Wuysang (Garuda Bandung)

super-mario-wuysang

“Super Mario Wuysang”. Itu adalah nick name yang pantas untuk guard Garuda Bandung yang baru saja pindah dari XL Aspac Jakarta tahun 2008 lalu. Diambil dari tokoh game Nintendo Super Mario Brothers. Pada final IBL Cup Desember lalu di Bandung, Mario terlihat dengan dingin mampu mengatur tempo permainan anak-anak Garuda Bandung yang lain sebelum akhirnya benar-benar memukul Satria Muda Britama Jakarta 58-53.

Garuda Bandung punya kesempatan besar untuk menjuarai kompetisi IBL tahun ini. Skuad inti Garuda benar-benar bikin tim-tim lain mulai keder. Tak terkecuali sang juara bertahan Satria Muda Britama Jakarta. Simak wawancara gw dengan Mario Wuysang.

1. Apa yang membuat kamu sangat mencintai basketball?

Aku main basket karena temen-temen aku juga main.. dan di Amerika basket sport paling populer..

2. Siapa pemain basket terbaik dunia menurut Mario? Kenapa?

Sekarang Kobe Bryant… greatest player of all time Micheal jordan!

3. Siapa pemain IBL yang paling kamu sukai? Kenapa?

Aku suka Yayan Ekayana dari CLS. Menurut saya dia ada potensi banyak dan skillnya dia di atas pemain lain.. dia bisa shoot, dribble, pass.. semua.. and dia sangat humble jadi orang.. nice guy and tidak som.

4. Saya melihat penampilan kamu saat SMA di Amerika dulu di youtube. It was awesome. Apa yang paling kamu rindukan dari liga SMA dulu?

Iya Saya miss that time di highschool saya dan team saya juara di state Indiana.. itu amazing dan saya top-50 player di state tahun 97

5. Apa yang kamu rasa masih kurang dari IBL dan perlu ditingkatkan lagi?

IBL perlu more sponsors biar lebi rapi.. also IBL perlu pake pemain asing biiar levelnya naik, also perlu fasilitas yang standard international.

6. Menurut Mario, untuk menjadi seorang pemain basket yang handal, hal-hal apa yang harus ada dalam diri pemain itu?

I think cuman work hard kalo mau jadi jago, dan mau belajar, dan be humble, and be profesional as a player..

7. Selain pemain basket, siapa tokoh idola yang menginspirasi Mario?

I look up to my mother. she is my idol.. she raisd 3 kids on her own.. she a very strong person.

8. Apa cita-cita atau obsesi kamu?

I love to travel.. it makes me happy to explore and see new things..

9. Sebesar apa keyakinan kamu Garuda Bandung akan juara kompetisi tahun ini?

Selama kita kerja keras dan focus, I think kita bisa juara tahum ini.. its in God’s Hands!

(Thanks to Ino Alfiar for the photo of Super Mario)

Tinggalkan Balasan

