Belajar Main Basket dari: Richard Leo Latunusa a.k.a. Insane

insane

Petikan di bawah ini adalah wawancara via e-mail (unedited) dengan Richard dan akan dimuat di Suave Magazine edisi 53, Januari 2009 (edited).

> 1. Kapan pertama kali kenalan dengan dunia basket?
(Hmmmm, kenal basket SD. Itu juga ngk sengaja gara-gara pas jam olahraga kasti di outdoor ujan jd pindah ke aula. Ngedadak guru gw bikin game masukin bola qtu ke ring basket. Karena bareng sama cewe-cewe jd semangat gw masukin bolanya. Hahahahaha, lucu juga .. saat itulah gw ngerasa enjoy sama olahraga ini. Unsur ‘Fun’nya tinggi bgt .. Kayanya itu deh awal gw kenal basket !!)

> 2. Siapa pemain basket profesional yang langsung menjadi idola saat itu?
(Idola saat itu?? Kayanya baru pas SMP gw punya idola deh .. Ngk jauh man, Michael Jordan yg bikin semangat gw untuk ke lapangan basket terus buat ngulik gerakan-gerakannya biar persis kaya dia .. Mpe melet-meletnya juga gw ikutin !! Dasyat tuh Kang MJ ..🙂

> 3. Kenapa basket? Bukan bulutangkis atau sepak takraw?
(Karena seperti yang gw bilang td, gw menemukan unsur FUN di permainan ini. So, ngk ada paksaan buat gw untuk mempelajari lebih dalam lagi. Jd everytime gw main basket, itu emang bener-bener berangkat dari ‘hati yang mencintai permainan ini’ .. Cinta itu ngk gw temukan di bulutangkis (walaupun gw sempet jago jg dibulutangkis .. Juara 1 Tujuh belas Agustusan ngk jelek-jelek amat kan ??🙂 karena awalnya rasa cinta itulah akhirnya gw memilih basket. Gw baru sadar man klo ada istilah “FOR DA LOVE OF DA GAME” Dalem bgt !! Dan gw udh dapat mengerti arti itu ..

> 4. Sempat main di tim pra-Kobatama, lalu kenapa banting stir serius main streetball?
(Sebenernya masih pengen terus sih di basket konvensional (Klub Scorpio Jkt), tapi gw waktu itu harus kuliah di NHI,Bandung karena uang kuliahnya murah .. Hehehe, Sempet gundah juga sih pas ninggalin basket konvensional cuma ternyata Tuhan punya rencana yg lebih baik atas hidup gw .. yang akhirnya dia mempertemukan gw sama yang namanya streetball (yang notabene membesarkan nama gw samapi detik ini) Thx GOD for lead my way all the time ..

> 5. Apa kelebihan streetball dibandingkan basket konvensional?
(Streetball ngk dibatasi oleh apapun, tidak ada batasan umur, tidak ada yang ngatur kita untuk begini atau begitu, dan yang lebih penting kita bebas bermain dan mengekspresikan permainan kita lewat sebuah game .. Kita juga dituntut untuk memberikan sesuatu yang baik kepada banyak pihak. Penonton dalam hal ini. Mereka meupakan sumber tenaga, inspirasi dan semangat di setiap permainan. Berkat kehadiran merekalah, sebuah energi permainan seseorang akan meningkat levelnya tanpa di sadari .. Itulah kelebihan streetball di mata gw man ..)

> 6. Bagaimana perkembangan dunia streetball Indonesia dibandingkan tempat lain di dunia?
(Streetball Indonesia masih sangat jauh perkembangannya dibanding negara lain dalam segala hal. Contoh kecil, Treatment ke pemain!! Streetball Indonesia ngk bakal bisa berkembang dengan pesat seperti negara lain klo masih di’setir’ oleh banyak pihak yang mikirnya cuma ngeraup keuntungan lewat streetball itu sendiri sama orang yang selalu berpikiran ‘aji mumpung’ .. mumpung streetball amsih booming, jd masih bisa dapet duit disitu !! Damn .. Org-org kaya qtu tuh yg ngk pernah mikirin streetball. Makanya concern gw cuma satu, kita harus banyakin liga streetball, jgn cuma tergantung sama liga streetball yang dari tahun ke tahun bisanya cuma ngerubah konsep aja .. PARAH MAN!! Mau dibawa kmana ini semua ?? Sedih gw klo ngeliat streetball Indonesia ..

> 7. Apa visi dan misi membangun komunitas streetball (Future)?
(Awalnya sih kita (FUTURE Streetball) punya visi pengen jadi panutan buat komunitas streetball lain di Indonesia karena Future merupakan komunitas streetball pertama di Indonesia dan misi nya cukup dasyat pengen nama Future Streetball dikenal oleh banyak pihak dalam hal ini Negara RI dan negara luar ..)

> 8. Apa visi dan misi membangun sekolah/camp basket streetball?
(Visinya membuat sebuah sekolah streetball dan freestyle yang berdaya saing tinggi baik secara regional, nasional maupun international dengan tidak meninggalkan nilai-nilai edukasi, sportivitas, nasionalis dan talenta sedangkan Misinya mampu memberikan dan menciptakan calon entertainer di bidangnya (streetball dan freestyle) yang berdedikasi dan berkwalitas. “Its not about quantity but its all about quality” (terbukti kan Juara Freestyle Contest LA 2008 kemaren Juara 1 dari Masa Depan Jakarta dan Juara 2 Masa Depan Bandung .. Berhasil kan Misi gw ..

> 9. Kenapa sekolah streetball? Kok bukan basket pro aja?
(Karena gw pengen menjadi ‘bapak’ yang mewadahin para calon streetballer dan para streetballer itu, dan gw berangkat dari hati bukan materi man .. Tolong digaris bawahi !! kebanyakan dari mereka masih dalam tahap pencarian jati diri karena luapan rasa ingin tau yang masih meledak-ledak .. so, gw pengen streetball jadi salah satu luapan rasa ingin tau tadi, toh positif kan .. ketimbang jadi negatif luapan-luapa td .. Klo basket pro udh banyak ‘bapak’ nya .. Hehehe, klo streetball kan blom ada ‘bapak’nya ..🙂

> 10. Darimana mendapatkan julukan “Insane”?
(Gw dapet dari baller Australia namanya Steve, dia udh pernah liat AND1 di Ausie dan ketika dia lg di Indonesia ngk sengaja dia liat gw main di Lap.ABC Senayan (saat itu memang gw keluarin semua tricks dan moves yang gw kuasai tanpa menghiraukan apapun yang penting gw enjoy main ..) Eh, ternyata si Steve ini ngeliatin gw dari awal, malah sempet teriak-teriak qtu pas gw nge’trick’ pemain lawan .. Dan pas terakhir dia samperin gw sambil ngomong ‘Dude, ur insane man !! Great game ..” akhirnya kita terlibat pembicaraan kecil dan begitu gw ceritain ke temen-temen kampus di NHI, Bdg (Qting, Japra, Ryan, Abah sama Willy) mereka sepakat bilang ‘pke aja tuh kata-kata insane buat nickname loe chard. Loe emang GILA sih klo lagi main’ .. From that day, everybody start to call me insane .. *oya, gw jadi inget kata-kata Alimoe “The real key to get ur nickname is when u played outside” .. Jd emang nickname tuh pengakuan dari orang atas permainan loe, bukan nyari di
kamus tau menurut kita KEREN !! Streetballer kita salah kaprah !! KACAU ..

> 11. Bagaimana pendapat lu tentang dunia basket Indonesia (keseluruhan)?
(Yang gw perhatiin sih dari dulu kayanya cuma masalah SDM sama pembinaan yang ngk merata di setiap daerah. Mungkin karena SOP yang berbeda di tiap-tiap daerah taw gmn gw ngk ngerti .. Ada beberapa yang sudah terlihat Pro, ada yang masih parah bgt !! So, kita memang memerlukan banyak pihak yang memang mau bekerja di dunia basket ini dengan ‘hati’ bukan karena ‘aji mumpung’ td .. Dan coba diperhatiin lagi kesejateraan pihak-pihak yang terkait dalam hal ini elemen terkecil. Biar roda perbasketan Indonesia bisa bergerak .. kan selama ini terlihat diam mpe rodanya nyatu sama tanah !! Hiks ..

> 12. Pernah lihat sinetron yg ada adegan basketnya? Bagaimana menurut lu?
(Pernah !! Ngk ngerti mau kamana arahnya? Talent yang terlihat dipaksa untuk main basket .. dan figuran yang ngk ngerti basket .. Hahahaha, Parah !! Emang basket bukan yang utama sih ya di negara kita makanya jd asal-asalan ngemas segala sesuatunya .. Tenang, saat ini mungkin seperti itu tp gw percaya koq suatu saat nanti akan ada saat dmana basket akan menjadi prioritas no.1 di Indonesia .. Amin ..

> 13. Kalau dua selebriti ini minta diajarin basket, lu pilih yg mana, Ivan Gunawan atau Ruben?
(Ivan Gunawan .. Tinggi dan Besar, jd gampang ngajarinnya .. BODYnya aja udh basket bgt, cuma paling klo dia udh jago main basket gw minta barter di bikinin design kostum basket yang keren sama dia .. Hehehehe,

> 14. Hampir setiap sekolah di Indonesia punya lapangan basket, tapi prestasi basket kita (bahkan di Asia Tenggara) nggak bagus-bagus amat, kenapa nih?
(Itu dia man yang gw bilang td, basket di negara kita kan bukan prioritas utama .. Dan juga bukan olahraga utama. So, lapangan basket di sekolah-sekolah itu cuma sebagai syarat dan standart aja buat berdirinya sebuah sekolah, biar keliatan punya fasilitas olahraga. Ketimbang mereka harus bikin lapangan sepak bola kan? Mending basket .. Jd sisa tanah yang buat lapangan bola bisa buat bangun gedung lagi buat tambah pemasukan .. hehehe,
Bis gw pernah liat lapangan basket yang dipake main futsal .. Sedih bro !!

> 15. Pelajaran paling berharga apa yang lu dapet dari main basket?
(Banyak hal sih yang gw dapet dari main basket .. Salah satunya adalah pedoman melayani bukan dilayani, memberi dan bukan diberi. gw pernah membuat satu keluarga menangis karena gw kasih duit Fee perform tampil Freestyle gw untuk bantu biaya berobat seorang bapak penjual kupat tahu langganan gw pas di kostan. Gw biasa ngutang soalnya, pas gw pengen bayar utang pas abis dapet duit dari freestyle koq tuh bapak ngk lewat2 udh 3 hari, tanya sana-sini? dapet informasi ternyata tuh bapak lagi sakit keras. Bener !! Pas gw dateng si bapak emang lagi terbaring ditemapt tidur ditemani istri dan 2 oarang putranya yg masih kecil2. Iba gw melihat itu, akhirnya duit freestyle gw kasih aja semua sama amplop2nya buat ke dokter. 2 hari kemudian tuh bapak udh lewat lagi depan kostan gw sambil bawa kue qt bikinan istrinya .. Terharu gw man !! Ternyata dengan talenta basket yang kita punya Tuhan juga titipin sesuatu buat orang lain .. Mungkin berkat doa keluarga itu juga
yang ngk henti2 sampe sekarang yang ngebuat karir gw bisa seperti ini .. Itu sebuah pelajaran berharga yang gw dapet dari main basket man ..

> 16. Apa cita-cita lu bro?
(Cita-cita gw pengen jadi ‘David Stern’nya streetball Indonesia ..🙂

Satu Balasan ke Belajar Main Basket dari: Richard Leo Latunusa a.k.a. Insane

  1. Anjaz mengatakan:

    sumpah insane your my inpiration!!!!!
    keren bgt lo!!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: